Desain Kitchen Set Harus Memperhatikan Hal Berikut

Jika dulu desain interior dapur kurang mendapat perhatian, kini dapur telah berubah menjadi ruangan fungsional dan boleh dibilang menjadi poin of view dari sebuah rumah.

Hanya saja ini berlaku pada pantryalis dapur yang bersih sedangkan fungsi dapur sendiri dapat kita lakukan seperti biasa di dapur basah.

Merancang desain ruang dapur tak jauh beda dengan ruangan dalam rumah lainnya. Intinya rancangan dapur membutuhkan penataan yang tepat dan selaras antara komponen yang satu dengan lainnya.

Jika terjadi kesalahan desain dibagian-bagian tertentu tentu saja dapat memberi efek buruk di dapur itu sendiri. Lalu bagimana dengan desain kitchen set? Apa yang harus kita lakukan dengan perabot yang umumnya ‘menghabiskan’ hampir 50 persen luas dapur ini?

Desain Kitchen Set Secara Efektif

Selain berfungsi sebagai perabot untuk penyimpanan, kitchen set termasuk aksesoris untuk mempercantik dapur sehingga terkesan lebih mewah.

Desain Kitchen Set Harus Memperhatikan Hal Berikut
Desain Kitchen Set Harus Memperhatikan Hal Berikut

Secara detail, kitchen set sendiri merupakan perangkat berbentuk layaknya lemari kabinet untuk menyimpan perlengkapan dapur dan peralatan memasak yang terintegrasi dengan area dapur.

Dimensi

Sebelum kita yakin ingin mengaplikasikan perangkat kitchen set di dapur, hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah dimensi. Sebuah kitchen set yang didesain sesuai kebutuhan dimensi ruang, akan menciptakan desain kitchen set yang terorganisasi sehingga ketika digunakan mampu memberi rasa nyaman.

Meskipun tujuan utama kitchen set adalah sebagai media penyimpanan, namun fleksibilitas juga harus diperhatikan mengingat begitu banyaknya fungsi dalam satu set perangkat ini.

Ukuran

Menentukan ukuran kitchen set termasuk salah satu yang paling penting sebelum diaplikasikan di dapur. Dengan mengetahui ukuran, kita dapat dengan mudah menentukan besar kecil serta jumlah peralatan yang ingin kita masukkan dalam kitchen set.

Trending  Nuansa Dapur Kitchen Set Bikin Betah Masak

Peralatan yang sederhana dan kompak umumnya ditempatkan pada kitchen set yang kecil, tujuannya untuk lebih menghemat ruang. Lain halnya jika kitchen set sebelumnya didesain menyesuaikan ukuran tubuh manusia.

Desain kitchen set yang telah diukur sesuai tubuh si empunya rumah atau oleh orang yang sering menggunakan kitchen set tersebut tentu saja ukurannya berbeda-beda.

Namun ukuran yang paling banyak digunakan rata-rata berukuran 80 cm dan ketebalan 90 cm untuk ketinggian kabinet utama.

Sedangkan untuk bagian atas kitchen set dapat diberi kabinet tambahan dengan jarak sekitar 45 cm dan ketebalan 40 cm.

Terlepas berapapun ukurannya, yang penting kitchen set sanggup memberi rasa nyaman sewaktu digunakan terkait masalah kebutuhan dapur yaitu untuk menyimpan bahan pangan, termasuk menyiapkan makanan, mencuci, dan memasak.

Fungsi

Kemudian terakhir yang perlu diperhatikan adalah mengenai fungsi. Umumnya penghuni rumah menggunakan kitchen set dilatarbelakangi oleh sejumlah kebutuhan yang sangat mendasar yaitu menyimpan peralatan memasak, menyimpan bahan makanan, memasak, hingga tahap menghidangkannya.

Fungsi-fungsi tersebut perlu dicermati satu persatu agar fungsi kitchen set sendiri lebih maksimal. Namun sebaiknya pemilihannya perlu disesuaikan dengan kebutuhan ruang dan peralatan yang terintegrasi pada kitchen set terlebih dahulu,

baru kemudian kita menentukan pengorganisasian dari masing-masing fungsi kabinet serta peralatan apa saja yang perlu kita sediakan.

Layout dari kitchen set yang sering kita lihat biasanya memiliki beberapa konsep seperti konsep bentuk L, bentuk U, bentuk T, dan sebagainya. Sementara kelengkapan kitchen set minimum mencakup kompor, penghisap asap, kitchen sink, dan pipa saluran air bersih dan air kotor.

Meski kita memiliki selera masing-masing mengenai desain kitchen set, namun sebaiknya kita memilih kitchen set yang simpel dan mudah digunakan.

Trending  Menata Dapur Minimalis Agar Terlihat Maksimal

Dalam hal ini kitchen set ukurannya tidak terlalu besar atau terlalu kecil, serta dapat mewadahi semua aktivitas yang kita lakukan di dapur.

Buka

Related Articles

Back to top button