Contoh Atap Rumah Minimalis Modern Terbaru

Pada artikel kali ini, akan dicoba tampilkan beberapa contoh atap rumah minimalis terbaru yang kerap diterapkan pada bangunan rumah hunian mutakhir.

Pilihan bahan penutup atap yang semakin beragam, membuat desainer rumah hunian semakin mudah dalam berkreasi dan ber-eksperimen dengan bentuk-bentuk atap baru yang inovatif.

Di antara bahan-bahan penutup atap baru yang sering di-eksplor akhir-akhir ini antara lain genteng metal, lembaran atap bitumen selulosa, dan atap galvalum.

Contoh Atap Rumah Minimalis

Bahan penutup atap berbentuk lembaran besar ini beberapa waktu terakhir ini banyak dipilih walaupun belum dapat menggeser popularitas penggunaan bahan penutup atap genteng.

Bentuk atap lembaran lebih unggul dalam range sudut kemiringan yang bisa diterapkan pada atap. Penutup atap dengan bentuk lembaran dapat digunakan pada range sudut kemiringan atap 10 – 75 derajat,

Atap Rumah Minimalis Modern Terbaru
Atap Rumah Minimalis Modern Terbaru

sedangkan jenis atap genteng hanya sesuai untuk kemiringan atap 30 – 60 derajat. Namun untuk tampilan estetis,

bahan penutup genteng lebih banyak mempunyai variasi pilihan tekstur, dan secara dasar memang lebih kaya dalam tampilan garis, yang berfungsi sebagai pengisi bidang atap.

Selain detail tampilan pada bidang atap di sebelah atas, saat ini para desainer rumah minimalis juga seringkali memberi perhatian pada tampilan struktur atap yang tampak dari bawah. Terutama jika struktur penyangga atap terbuat dari bahan kayu.

Penonjolan garis-garis yang dibentuk dari struktur usuk kayu, seringkali ditampilkan untuk memberi kesan artistik dan natural pada sebuah hunian.

Sedangkan untuk struktur atap yang terbuat dari bahan baja ringan, tampilan estetis kurang bisa didapatkan dari bilah-bilah baja, sehingga kebanyakan ditutup dengan plafon agar tampak rapi.

Bentuk contoh atap rumah minimalis dengan model pelana, masih merupakan sumber inspirasi utama bagi para desainer rumah minimalis modern.

Trending  Atap Baja Ringan Pilihan Material Murah Dan Tahan Lama

Hal tersebut tentunya tidak mengherankan, karena desain atap model pelana merupakan bentuk yang mudah diterapkan,

dan dengan sedikit kreasi dengan beberapa ubahan akan menghasilkan tampilan baru yang layak dan tidak monoton. Struktur atapnya juga sederhana dan hal tersebut membuat biaya bahan dan biaya pelaksanaan dapat dihemat.

Pada tiga gambar pertama dalam galeri contoh atap rumah minimalis di atas, tampak bahwa kombinasi warna antara bahan penutup atap, papan list (list plank) dan juga plafon sangat menentukan pembentukan fasad muka rumah tersebut.

Sedangkan pada gambar ke empat dalam galeri contoh atap rumah minimalis tadi, merupakan contoh aplikasi model pelana pada rumah yang cukup besar, sehingga luasan bidang atap nya pun menjadi besar.

Luasan atap yang besar pada contoh atap rumah minimalis tersebut, dengan sendirinya sudah menyumbang unsur wibawa pada karakter hunian tersebut, dan akan lebih baik lagi jika dilengkapi dengan tekstur bahan penutup atap yang berkesan mewah, seperti genteng berlapis glazur.

Pada contoh tersebut juga terdapat bingkai sky-light yang sepertinya digunakan untuk memberi pencahayaan alami pada bagian loteng (attic).

Gambar Atap Rumah Minimalis

Bentuk atap yang digunakan pada gambar contoh atap rumah minimalis di atas, menggunakan kombinasi beberapa tipe atap, dan dipadu-padankan dengan pengaturan simetris dari tipe-tipe atap tersebut.

 

Tampilan fasad muka yang cantik dan atraktif tentunya akan bisa kita peroleh dengan penggunaan kombinasi beberapa tipe atap seperti contoh di atas, namun memang akan lebih sulit pengerjaannya dan berimbas pula pada biaya yang besar.

Rumah pada contoh di atas, kebetulan menggunakan juga kombinasi warna-warna natural yang mampu mengesankan karakter hunian tropis yang teduh dan adem, walaupun warna dinding rumah didominasi putih yang terang dan cenderung menyilaukan.

Trending  Ciri Khas Rumah Betawi Yang Tak Lekang Di Makan Zaman

Atap memang merupakan bagian rumah yang harus didesain agar tetap memenuhi fungsinya untuk melindungi bangunan rumah di bawahnya, namun juga mampu membentuk karakter tampilan fasad rumah yang indah dan berkarakter.

Semoga beberapa contoh atap rumah minimalis dalam artikel ini dapat memberi gambaran mengenai trend perkembangan bentuk atap yang sesuai dengam konsep hunian minimalis.

Buka

Related Articles

Back to top button