Eksterior Rumah Minimalis Gaya Jepang

Rumah minimalis dapat diartikan sebagai desain atau karya arsitektur denga perencanaan yang matang terutama untuk eksterior dan interiornya, sehingga menciptakan nuansa ruang terbuka, lebih luas, dan seimbang.

Desain exterior rumah minimalis sendiri sebenarnya terinspirasi desain gaya rumah klasik dari Jepang yang memancarkan ekspansif serta harmoni.

Dengan kata lain para desainer rumah minimalis menyelipkan desain yang umumnya terdapat pada rumah-rumah modern ke dalam desain rumah dengan luas ruang terbatas.

Dengan sendirinya desain eksterior minimalis yang diterapkan pada rumah modern mampu menciptakan keseimbangan baik dari bentuk serta fungsi pada elemen desain interiornya.

Ukuran, bentuk, dan struktur rumah minimalis umumnya dibagi menjadi 2 bagian yaitu elemen dasar serta ruang yang digunakan secara sistematis, efektif dan efisien.

Setiap elemen dirancang secara khusus sehingga menjadi ruangan yang fungsional. Hal inilah yang kemudian membuat rumah minimalis terasa nyaman dan terlihat lebih menarik secara visual.

Dari konsep minimalis yang diterapkan, dapat kita ambil kesimpulan bahwa desain eksterior rumah minimalis, baik minimalis sederhana, modern, kontemporer, atau klasik, semua lebih memprioritaskan ornametasi serta keseragaman dari sisi warna, bentuk, dan tekstur, sehingga sanggup menghadirkan suasana ruangan yang lebih terbuka.

Desain Rumah Minimalis Gaya Jepang

Rumah minimalis yang mungil dan unik sebenarnya bisa kita dapatkan dengan berbagai cara desain yang kita inginkan.

Disini kita dapat membuat rumah minimalis yang mungil namun tetap terasa nyaman yaitu dengan mengadopsi desain rumah minimalis ala Jepang dengan konsep gaya berbeda dari rumah pada umumnya.

Desain minimalis gaya Jepang ini bisa kita terapkan baik untuk interior ataupun eksterior rumah secara keseluruhan.

Khusus untuk exterior rumah minimalis gaya Jepang, kita bisa menggunakan desain modern dengan menghadirkan furnitur yang juga bergaya Jepang. Konsep ini umumnya cocok diterapkan sewaktu membangun rumah minimalis modern 1 lantai.

Trending  Mau Buat Rumah Mungil Minimalis? Perhatikan Hal Ini

Satu contoh misalnya untuk bagian pintu dan jendela kita gunakan pintu model sliding juga jendela sliding yang dirancang tembus cahaya sehingga rumah tetap terlihat terang.

Jika rumah minimalis umumnya menggunakan bahan kertas pada daun pintu, agar terlihat modern kita bisa menggantinya dengan material kaca yang diberi rangka dari kayu atau alumunium.

Oleh karena sebagian besar rumah gaya Jepang dominan meggunakan material kayu, maka hal yang sama bisa kita terapkan pada pilihan furnitur seperti buffet atau lemari besar dengan model pintu geser.

Cocok untuk Rumah Minimalis Sederhana Type 21

Seperti yang kita tahu, rumah minimalis type 21 umumnya memiliki ruangan-ruangan yang terbatas dan sederhana yaitu 1 kamar tidur, ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, dapur, dan 1 kamar mandi. Untuk rumah minimalis type 21 kita juga bisa memasukkan unsur desain rumah minimalis gaya Jepang ini.

Beberapa yang menjadi ciri khas rumah gaya Jepang adalah desain atap yang dirancang lebih besar serta menggunakan pilihan warna genting yang beragam.

Model rumah ala Jepang ini umumnya menyerupai panggung dengan bentuk persegi memanjang ke belakang (bukan ke samping).

Dan yang menjadi ciri khas utama adalah taman rumah dengan komposisi pasir putih dilengkapi kolam berpancuran ditambah beberapa jenis bebatuan untuk hiasan taman. Nah, kita bisa menerapkan berbagai ciri khas rumah gaya Jepang tersebut untuk rumah minimalis type 21.

Tak hanya desain exterior rumah minimalis saja yang bisa menghadirkan nuansa lebih nyaman, interior rumah minimalis dengan konsep gaya Jepang juga akan terlihat lebih menarik.

Misalnya dengan menggunakan tatami untuk alas lantai atau bisa juga bantal duduk yang sering disebut Zabuton.

Trending  Penataan Taman Di Interior Rumah

Jika bahan tatami sulit didapat, kita bisa menggantinya dengan material kayu. Bahan kayu ini bisa juga diaplikasikan pada bagian lain seperti plafon dan tiang rumah.

Buka
Back to top button