Unsur Pendukung Rumah Mewah Minimalis

Entah karena model rumah minimalis begitu populer dimasyarakat atau karena faktor lain, namun kini hampir setiap desain selalu diikuti dengan kata “minimalis”.

Misalnya rumah sederhana minimalis, rumah mewah minimalis, pagar minimalis, taman minimalis, dapur minimalis, dan masih banyak lagi.

Sepertinya semua desain terutama yang berkaitan dengan rumah terasa kurang lengkap tanpa embel-embel minimalis,

meskipun arti minimalis sendiri belum tentu dipahami apalagi diterapkan. Lalu apa sebenarnya definisi dari kata minimalis ini dan apa efeknya jika diterapkan pada konsep desain sebuah rumah?

Arti Minimalis Yang Perlu Di Ketahui

Istilah minimalis yang mengikuti setiap desain rumah dan lain-lainnya ini dapat didefinisikan sebagai bentuk desain yang simpel dan sederhana.

Sederhana dalam hal ini dapat diartikan menggunakan material seminimal mungkin serta tidak terlalu mahal, namun sanggup menghasilkan desain rumah yangmungil, indah, presisi, rapi, berpadu dengan warna-warna yang berani.

Jadi terlepas apapun bentuknya dan berapapun ukuran luasnya, rumah minimalis lebih memprioritaskan sisi fungsionalitas dengan ciri rumah yang bersih serta banyak terdapat garis-garis geometris sehingga tercipta desain yang lebih ramping.

Untuk mendapatkan efek yang full minimalis biasanya digunakan elemen-elemen multifungsi yang mengedepankan efektifitas.

Tampilan minimalis juga dipertegas dengan perpaduan garis vertikal ataupun horizontal sehingga terlihat desain ini lebih banyak mengekspos bagian dinding.

Konsep Desain Rumah Mewah Minimalis

Sama halnya jenis rumah minimalis lainnya, rumah mewah minimalis kurang lebih juga menggunakan konsep yang sama.

Mungkin yang membedakan hanya luas bangunannya saja. Seperti konsep rumah minimalis pada umumnya, faktor pencahayaan (lighting) memegang peran cukup penting untuk merealisasikan model rumah minimalis.

Untuk itulah rumah minimalis umumnya lebih menonjolkan unsur pencahayaan dengan menempatkan lampu berkualitas bagus.

Trending  Seperti Inilah Model Teras Yang Lagi Trending Saat Ini

Tata cahaya yang lebih terang tujuannya untuk memberi efek lebih bersih dan modern mencakup seluruh ruangan dalam rumah.

Unsur Pendukung Rumah Mewah Minimalis

Tak hanya pencahayaan yang harus ditonjolkan, warna dasar ruangan juga harus diperhitungkan, dan lagi-lagi ini untuk memaksimalkan unsur minimalis.

Untuk mempertegas gaya minimalis yang diterapkan biasanya rumah hanya menggunakan warna-warna netral seperti putih dan hitam.

Dalam hal ini warna putih digunakan sebagai warna dominan sementara hitam untuk memberi aksen yang lebih tegas.

Lain halnya dengan rumah minimalis sederhana, warna putih dan hitam sering diaplikasikan dalam porsi yang sama. Contohnya bisa kita lihat pada desain lantai yang menggunakan material kayu dengan warna cenderung lebih gelap.

Perbedaan Minimalis Mewah Dan Sederhana

Berbeda dari rumah minimalis sederhana, desain rumah mewah minimalis sangat memungkinkan untuk mengeksplorasi beberapa warna dalam satu ruangan, khususnya kamar tidur.

Warna-warna cerah yang memberi efek terang seperti oranye, merah, atau kuning jika dikombinasikan dalam satu kesatuan warna akan memberi efek kontras yang lebih menarik.

Tentu saja untuk pengaplikasian beberapa warna ini harus dibedakan mana warna dominan dan mana warna yang digunakan sebagai aksen.

Dengan kata lain pada penerapannya masing-masing warna harus dalam porsi yang berbeda. Kombinasi warna tersebut tidak hanya diaplikasikan pada bagian dinding namun juga bisa didapat dari elemen ruangan secara keseluruhan

seperti perabot atau furnitur, pernak-pernik, dan aksesoris. Dengan porsi yang seimbang, tentu saja kombinasi warna ini sanggup memberi efek lebih menarik, cerah, dan estesis.

Mengingat topik kali ini adalah rumah mewah minimalis, maka kurang afdol jika kita hanya memperhatikan bagian minimalisnya saja.

Disini kesan mewah dapat diperoleh dari penataan layout ruangan secara tepat. Intinya tata letak semua elemen dalam ruangan perlu diperhatikan, misalnya penataan sofa, lemari, meja, dan furnitur lainnya.

Trending  Fasad Rumah Yang Paling Banyak Di Aplikasikan

Tidak hanya memberi space ruang yang lebih lega, namun penataan layout yang benar dan sistematis merupakan salah satu kunci