Trik Pencahayaan Agar Rumah Terasa Lega

Memiliki hunian dengan berbagai keterbatasan pasti membuat Anda kesulitan untuk memaksimalkan pencahayaannya. Begitu pula dalam mengatur fungsi setiap bagian dalam ruangan.

Tentu dibutuhkan trik khusus dalam menyiasati permasalahan pencahayaan pada ruangan yang tidak terlalu luas. Selain itu, dibutuhkan juga trik tersendiri agar cahaya yang masuk bisa lebih optimal.

Menurut arsitek Denny Setiawan, untuk menyiasati pencahayaan di ruang yang mungil, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat lay out rumah secara split level.

Dengan cara ini, cahaya lebih leluasa masuk ke tiap ruangan sehingga memberi kesan lebih terbuka.Split level identik dengan sifatnya yang selalu terbuka tanpa ada penyekat.

Keterbukaan inilah yang membuat cahaya dapat masuk dengan leluasa, meskipun ruangan tersebut berada di bagian yang jauh dan tidak memiliki jendela langsung ke bagian dalam.

Dengan memanfaatkan split level, ruangan bakal mendapatkan cahaya matahari yang dibutuhkan. Hal ini sangat bermanfaat karena selain menghemat energi, ruangan Anda pun akan semakin sehat.

“Selain memaksimalkan cahaya matahari, sistem split level juga mampu menciptakan ruang terbuka sehingga interior rumah akan berkesan lebih lega. Keleluasaan serta kesan lega ini akan mampu menciptakan kenyamanan serta kesehatan anggota keluarga,” ujar Denny.

Pola dan warna lembut pada rumah split level dapat membantu Anda sebagai penghuni rumah merasakan ketenangan.

“Rumah yang menggunakan teknik split level bakal menciptakan pola berbentuk daun dan bunga, tentu akan lebih baik menggunakan warna yang lembut. Misalnya ruang keluarga bisa mengaplikasikan warna krem muda untuk menjadi warna dasar pada ruangan,” ujar Denny.

Selain warna dinding, agar ruangan tampak lebih hidup dan terang, dapat ditambahkan permainan aksesori seperti dengan meletakkan bantal dekoratif yang bisa menciptakan point of interest di ruangan tersebut.

Trending  Jasa Design Interior Termurah Di Cilacap

Pada ruang makan pun Anda bisa menerapkan pola yang sama. Untuk mendapatkan kesan dramatis, Anda boleh menggunakan furnitur yang berwarna gelap.

Agar mampu menciptakan ketenangan, Anda juga bisa menerapkan cara mengecat dengan teknik spons untuk menghias dindingnya. Dengan warna yang lembut serta pola lay out spit level, maka rumah Anda bakal maksimal mendapatkan cahaya.

Buka

Related Articles

Back to top button