Tips Memilih Jenis Bahan Tempat Tidur Yang Tepat

Istirahat Tidur adalah sarana untuk memberikan kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat di tempat tidur yang sehat.

Karena itu seperti mesin, organ kepala ke kaki juga perlu waktu untuk beristirahat dari pekerjaan yang tidak pernah berhenti. Jadi organ tubuh tidak cepat rusak, tubuh harus memiliki kesempatan untuk beristirahat saat tidur.

Tidur seharusnya hanya dilakukan dengan cara yang benar. Dalam waktu yang cukup diperlukan, dan juga di tempat yang tepat.

Untuk bayi dan anak -anak, waktu tidur adalah 8 hingga 10 jam, sedangkan untuk orang dewasa selama 8 jam sehari. Selain itu, mimpi itu harus di tempat tidur yang benar dan sehat.

Memilih tempat tidur yang tepat dan sehat harus dilakukan memperhatikan beberapa hal. Ini agar fungsi tidur benar -benar terpenuhi.

Di mana Anda harus memperhatikan ketika memilih tempat tidur adalah kasur atau bahan tempat tidur dan juga desain tempat tidur. Berikutnya adalah ulasan tempat tidur berdasarkan fungsi dan materi Anda sebagai inspirasi bagi Anda saat memilih tempat tidur yang tepat dan sehat.

Fungsi tempat tidur

Tips Memilih Jenis Bahan Tempat Tidur Yang Tepat
Tips Memilih Jenis Bahan Tempat Tidur Yang Tepat

Apa fungsi tidur, mungkin sebagian besar orang sudah mengetahuinya. Untuk memberikan kesempatan kepada tubuh dan organ-organnya untuk beristirahat, adalah fungsi tidur yang diartikan oleh sebagian besar orang.

Tetapi sebenarnya fungsi tidur lebih dari sekedar berbaring dan memejamkan mata. Ada hal lain yang sangat penting dan harus Anda perhatikan, yaitu saat tidur posisi tubuh harus berada pada posisi yang benar.

Dengan demikian selama tidur tidak ada organ tubuh yang sampai terganggu fungsinya karena salah posisi saat tidur.

Untuk mengantisipsi hal tersebut, maka memilih tempat tidur yang tepat adalah solusinya. Tempat tidur yang tepat di sini adalah sebagai tempat tidur yang memiliki desain yang tepat dan sesuai dengan struktur tubuh kita.

Trending  Tahap Tahap Pemasangan Instalasi Listrik Rumah

Dengan demikian saat tidur dan sesudahnya, organ tubuh tidak mengalami gangguan akibat desain tempat tidur yang salah.

Macam-macam

Kasur busa lateks.

Memiliki tekstur halus, membal, bisa menyimpan panas dengan sempurna di dalamnya, sehingga kasur jenis ini sangat nyaman untuk tidur. Bahan alami juga membuat kasur ini ramah lingkungan. Sayangnya harga kasur jenis ini reatif mahal dan mudah mengempis bila terkena sinar matahari.

Kasur memori foam.

Jenis kasur ini memiliki tekstur yang padat, sehingga mampu menyangga tubuh dengan sempurna. Kasur ini sangat cocok untuk yang mempunyai masalah pada tulang punggungnya. Kekurangan dari kasur ini adalah selain harganya yang mahal, kasur jenis ini menyimpan panas tubuh akibat aliran udara tidak bisa bergerak, sehingga terasa panas.

Kasur kapuk.

Terbuat dari bahan alami, kasur kapuk memiliki keunggulan bisa menyerap panas tubuh sehingga nyaman untuk tidur. Harganya juga cukup terjangkau. Kelemahan dari kasur ini adalah sangat mudah kempis dan rentan terhadap kotor , debu dan tungau.

Springbed dan pillow top.

Kasur ini terbuat dari busa yang memiliki per atau pegas di dalamnya, sehingga karsur ini bagus untuk tidur karena bisa mengikuti bentuk tubuh manusia. Kasur jenis ini memang nyaman untuk tidur, tetapi mudah rusak karena mudah menyerap dan menyimpan panas tubuh.

Inspirasi Memilih tempat tidur yang tepat

Memilih tempat tidur tentunya harus sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa kriteria tempat tidur yang harus sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan. Di antaranya adalah dengan melihat kebutuhan tempat tidur untuk berapa orang, single atau doubele, memilih bahan, desain, serta dana yang tersedia. Berikut ini beberapa kriteria yang bisa anda jadikan inspirasi dalam memilih tempat tidur yang tepat dan sehat bagi keluarga.
  1. Pilih tempat tidur yang sesuai dengan kebutuhan yang menempati, single atau dobel. Kebutuhan ini harus Anda perhatikan, agar nantinya tidak terjadi salah membeli tempat tidur single tetapi akan digunakan untuk dua orang. Tentunya hal tersebut akan membuat tidur tidak nyaman karena tempat tidur kurang luas.
  2. Pilih tempat tidur dari bahan yang nyaman dan ramah lingkungan. Tempat tidur dari bahan busa lateks memang kuat, bisa menyerap panas tubuh dengan baik, sehingga nyaman untuk istirahat. Akan tetapi harganya yang cukup mahal juga harus Anda pertimbangkan.
  3. Pilih tempat tidur yang sesuai dengan yang menggunakan. Bila anda memiliki masalah pada tulang punggung anda, sebaiknya anda memilih tempat tidur dari bahan foam atau springbed. Karena bahan ini cukup kuat menyangga tulang punggung anda sehingga tidak menyebabkan gangguan tulang punggung anda bertambah parah.
  4. Pilih tempat tidur yang tidak menyebabkan alergi pada pemakainya. Bahan kasur dari busa lateks dan kapuk memang nyaman, akan tetapi berisiko menimbulkan alergi. Hindari tempat tidur dari kedua bahan tersebut bila anda alergi dengan keduanya.
Trending  Rencana Anggaran Biaya Renovasi Rumah
Buka

Related Articles

Back to top button