Tips Memilih Gorden Sesuai Dengan Fungsinya

Gorden merupakan salah satu asesoris rumah yang ada hampir di setiap keluarga. Fungsinya yang bermacam-macam, membuat pemilik rumah memiliki kebebasan untuk memilih sesuai dengan selera serta fungsi yang diinginkan.

Dengan demikian akhirnya nanti gorden bisa memberikan kesan dan suasana seperti yang diinginkan oleh pemilik rumah.

Gorden sendiri sebenarnya sudah mulai dikenal sejak lama. Namun demikian, bisa dikatakan lebih gorden lahir jauh setelah ada jendela.

Jendela merupakan bagian dari rumah yang memiliki fungsi vital yaitu sebagai ventilasi atau jalan keluar masuknya udara ke dalam rumah. Disamping itu, jendela juga berfungsi sebagai jalan masuknya cahaya ke dalam rumah.

Tips Memilih Gorden Sesuai Fungsinya

Tips Memilih Gorden Sesuai Dengan Fungsinya
Tips Memilih Gorden Sesuai Dengan Fungsinya

Pada awalnya, gorden berfungsi sebagai penutup jendela. Pada jaman dulu, gorden tidak menutupi seluruh bagian jendela, tetapi hanya bagian bawah saja, sedang bagian atas jendela dibiarkan terbuka. Seiring perkembangan jaman, gorden juga berkembang dengan berbagai model dan fungsinya juga semakin banyak.

1. Sebagai penghalang cahaya

Fungsi utama jendela adalah sebagai jalan masuknya udara ke dalam rumah. Akan tetapi terkadang pemilik rumah tidak menghendaki semua cahaya masuk ke dalam rumah dengan alasan tertentu, misalnya untuk menghindari silau cahaya matahari atau karena terlalu panas.

Di sini gorden memegang peran sebagai penghalang agar tidak semua cahaya masuk ke dalam rumah dan bisa diatur sesuai keinginan.

2. Sebagai privacy

Dengan adanya jendela, maka otomatis orang di luar rumah atau di luar ruangan bisa melihat keadaan di dalam rumah atau di dalam ruangan tertentu.  Dan hal ini terkadang membuat rishi bagi pemilik rumah. Di sini gorden bisa digunakan untuk menutupi jendela, sehingga keadaan di dalam rumah atau ruangan tertentu tidak bisa dilihat dari luar.

3. Sebagai elemen dekoratif

Tidak bisa dipungkiri, sekarang ini gorden memiliki fungsi lebih, yaitu untuk mempercantik ruangan. Jendela yang diberi gordeng dengan motif dan model tertentu, akan membuat ruangan dalam rumah menjadi tampak indah dann menarik. Sehingga sekarang ini gorden juga didesain dengan berbagai model dan motif yang menarik.

4. Gorden bunga memberi kesan sejuk

Apabila anda menginginkan suasana di ruangan atau di rumah anda terlihat dan terasa sejuk maka anda bisa memilih gorden dengan motif bunga.

Motif bunga akan membuat suasana di dalam ruangan menjadi sejuk, asri, dan juga nyaman. Gorden dengan motif bunga ini bisa anda pilih untuk jendela di ruang keluarga atau ruangan lain yang tidak berbatasan langsung luar ruangan.

5. Memberi kesan tegas

Bagi anda yang menghendaki ruangan terkesan maskulin, tegas, dan dinamis, anda bisa memilih gorden dengan motif garis-garis.

Kesan maskulin bisa timbul dari motif garis yang ditimbulkan, baik itu garis vertikal maupun horizontal. Ada juga goren dengan motif garis abstrak yang bisa menjadikan ruangan menjadi terkesan dinamis.

Gorden dengan motif garis ini sangat sesuai untuk ditempatkan di ruang kerja anda. Kesan maskulin yang ditimbulkan dari motif garis pada gorden akan bisa memberikan suasana yang bisa membangkitkan semangat kerja. Gorden motif garis ini  juga sesuai untuk digunakan atau dipakai di kantor –kantor .

6. Gorden bunga memberi kesan ceria

Selain motif-motif di atas, ada juga motif gorden yang bisa memberikan suasana atau kesan ceria. Biasanya gorden jenis ini lebih menekankan pada warnanya.

Warna-warna cerah seperti merah, oranye atau kuning akan memberikan suasana ceria pada ruangan anda. Gorden motif ini pas digunakan untuk ruangan atau kamar anak. Kesan ceria juga bisa dimunculkan pada gorden dengan motif karakter tokoh anak.

Macam-macam motif gorden

Dengan pertimbangan fungsi gorden yang multifungsi, maka gorden sendiri juga didisain dengan berbagai model dan motif beraneka ragam. Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada pemilik rumah untuk memilih gorden sesuai dengan yang diinginkan. Baik dari segi bentuk atau model, maupun dari segi motifnya.

Motif gorden memang bermacam-macam. Di toko-toko khusus penjual gorden, anda bisa menemukan berbagai motif gorden.

Mulai dari motif bunga, garis-garis, polkadot hingga motif abstrak. Disainnya juga bermacam-macam, ada gorden dengan disain tunggal yaitu yang terdiri dari satu piece, dan ada juga gorden dengan model dua piece atau dua bagian.

Memilih motif gorden, bisa anda sesuaikan dengan fungsi gorden yang anda inginkan. Karena motif gorden juga akan memberikan suasana yang berbeda-beda kepada ruangan anda.

Jadi di sini anda tinggal menentukan suasana seperti apa yang anda inginkan di ruangan atau rumah anda, dan anda tinggal memilih motif gorden yang sesuai.

 

Trending  Ingin Mendesain Interior Rumah Minimalis? Perhatikan Hal Berikut
Buka

Related Articles

Back to top button