Tahap Tahap Pemasangan Instalasi Listrik Rumah

Berbicara tentang unsur -unsur penting dari struktur rumah, listrik adalah salah satu elemen terpenting yang memainkan peran besar dalam mendukung kegiatan rumahan tangga.

Selain menjadi sumber energi untuk pencahayaan, banyak karya membutuhkan fungsi listrik seperti memasak menggunakan koki beras, membersihkan lantai dengan penyedot debu, roti saat memasak dengan oven dan aktivitas lain yang umumnya melibatkan energi listrik.

Instalasi atau pemasangan listrik rumah tangga harus dilakukan oleh para profesional, yang berarti bahwa mereka yang memiliki pengalaman listrik dan masalah mereka.

Ini penting karena listrik memiliki ketegangan tinggi yang dapat membahayakan keamanan manusia jika tanpa pengetahuan dan keahlian yang cukup.

Tahap Awal Pemasangan Kelistrikan Rumah

Pemasangan pemasangan listrik domestik yang baik umumnya mengikuti struktur atau denah lantai sehingga pasokan listrik dari setiap bagian dapat didistribusikan lebih merata. Apa yang harus dipelajari adalah rencana instalasi untuk setiap komponen listrik, misalnya menentukan jalur yang akan kita gunakan sebagai saluran utama.

Tentu saja, penentuan jalur termasuk penentuan titik cabang yang terhubung ke setiap komponen harus lebih efektif, sehingga serangkaian jalur dipasang dengan hati -hati, efisien dan aman untuk penghuni rumah.

Tahap pemasangan instalasi listrik harus dimulai dengan bagian depan rumah dimulai dengan presisi dengan lantai penanaman (ardor) dan pemasangan sekering. Inilah langkah -langkahnya:

1. Penanaman Ground (arde)

Kita mulai dengan pemasangan arde yang ditanam ke tanah. Sebaiknya pemasangan ground (arde) ini hanya dilakukan dengan tangan, hindari menggunakan palu ketika menancapkannya.

Hal ini untuk menghindari supaya batang ground tidak bengkok atau bahkan lapisan tembaga mengelupas yang nantinya dapat mengurangi kinerja batang ground tersebut.

Perlu kita ketahui batang ground yang kita gunakan umumnya berupa batangan besi atau baja yang digalvanis (dilapisi tembaga) dan lapisan tembaga ini akan mempengaruhi tingkat konduktivitas batang ground.

Trending  Tips Cara Membuat Dapur Selalu Bersih Dan Bersinar

Jika didalam tanah batang ground tertambat batu atau terhalang material lain, sebaiknya penanaman ground digeser ke bagian lain, tentu saja dengan tetap memperhitungkan panjang kabel BC ke kotak pengaman.

Untuk lebih mudah menanam ground ini sebaiknya tanah disiram air terlebih dulu agar lebih lunak.

Campurkan air dengan serbuk arang atau abu gosok hingga meresap ke dalam tanah. Arang dan abu gosok sangat efektif untuk menetralisir hambatan dalam tanah.

Sisakan batang ground dipermukaan tanah sekitar 20 cm untuk menyambungkan kabel BC ke kotak pengaman. Setelah itu kita ikat kabel BC pada sisa batang ground.

Biasanya kabel BC terbuat dari material yang sangat alot, untuk itu sewaktu mengikatnya kita gunakan cincin penjepit yang biasanya disertakan saat pembelian batang ground.

Pastikan kabel BC dan batang ground terikat kuat sehingga terjadi koneksi yang baik antara kedua bahan tersebut.

Setelah batang ground terikat kabel BC, kita masukkan batang ground ke dalam tanah secara keseluruhan lalu ratakan permukan tanah menggunakan adukan semen.

2. Pemasangan Box Sekering

Pemasangan box sekering sebaiknya kita lakukan bersamaan dengan pemasangan kabel MYM 3×4 didalamnya. Tahap pertama kita buat tempat box sekering pada tembok dengan ukuran sedikit lebih besar dari box sekering tersebut.

Agar lebih mudah kita bisa menggunakan kardus kemasan box sebagai ukurannya. Untuk membuat dudukan box sekeringnya kita bisa gunakan alat palu dan betel sekaligus kita buat jalur untuk tempat kabel MYM 3×4, juga jalur untuk menempatkan pipa saluran utama.

Untuk jalur kabel NYM 3×4 memang harus dibuat menembus tembok samping, untuk itu jalur harus dibuat sedemikian rupa sehingga kabel NYM 3×4 tidak terlihat ketika tembok dirapikan.

Trending  Tips dan Ide Menata Ruang Tamu Minimalis

Jika instalasi listrik rumah terutama penanaman ground dan pemasangan sekering selesai, maka bisa dikatakan pekerjaan kita selesai hampir 75% sebab selanjutnya kita tinggal membagi kebutuhan listrik melalui jalur-jalur yang sudah terpasang.

Buka

Related Articles

Back to top button