Rumah Minimalis Terlihat Apik Ikuti Tips Ini

Salah satu biang masalah pada rumah kecil minimalis adalah ruangan-ruangan yang sempit efek dari terbatasnya luas bangunan, hal mana membuat tiap-tiap ruangan terlihat berantakan

Dan permasalahan ini semakin kompleks ketika kita tidak menemukan solusi yang tepat sewaktu dihadapkan pada situasi tersebut.

Rumah Minimalis Terlihat Apik

Sebenarnya masalah ini tidak perlu dicemaskan sebab jika kita sedikit kreatif, kita bisa mendesain rumah mungil kita agar terlihat lebih luas dan tidak sumpek

Tips Rumah Minimalis Agar Terlihat Lapang
Tips Rumah Minimalis Agar Terlihat Lapang

Kita hanya membutuhkan sedikit biaya untuk renovasi rumah dibagian-bagian tertentu, artinya untuk merealisasikan rumah minimalis yang nyaman ini kita tidak perlu melakukan perombakan struktur rumah secara total.

Untuk mendapatkan rumah minimalis di area sempit namun terlihat lapang dan nyaman, maka kita perlu melakukan perubahan-perubahan desain dibeberapa sektor berikut ini:

Kurangi Sekat

Idealnya rumah milimalis tidak menggunakan sekat (terutama sekat dinding) yang terlalu banyak. Khusus untuk luas rumah yang terbatas, sekat yang terlalu banyak membuat ruangan semakin sempit.

Untuk menyiasatinya kita bisa mengganti sekat dinding dengan partisi lain, misalnya gorden. Partisi ini bisa kita aplikasikan untuk sekat atau pembatas antara ruang tamu dan ruang keluarga, atau antara dapur dan ruang makan.

Tinggikan Atap

Atap yang terlalu rendah juga berpengaruh pada luas ruangan. Dengan kata lain semakin rendah desain atap maka ruangan terkesan semakin sempit.

Hal ini bisa kita atasi dengan sedikit meninggikan atap. Selain ruangan terlihat luas, atap yang tinggi juga membantu melancarkan sirkulasi udara dalam ruangan.

Ukuran Jendela

Jendela ukuran besar memberi kita keleluasaan untuk memandang area luar rumah. Selain itu jendela juga mampu membantu mengoptimalkan cahaya matahari ke dalam ruangan.

Trending  Rencana Anggaran Biaya Renovasi Rumah

Untuk itu kita perlu menempatkan jendela ukuran besar di ruang tamu serta ruang keluarga supaya kita lebih mudah menikmati pemandangan diluar rumah seperti taman atau jalan.

Optimalisasi Cahaya

Ruangan yang kecil bisa terlihat lebih luas jika mendapat pencahayaan yang cukup. Jika jendela tidak cukup efektif untuk mendapatkan pasokan cahaya matahari,

kita bisa menggunakan genteng kaca di ruangan-ruangan tertentu. Aplikasikan lampu yang lebih terang untuk keseimbangan cahaya di malam hari.

Pilihan Warna

Salah satu faktor yang mempengaruhi luas ruangan pada rumah kecil minimalis adalah permainan warna-warna cerah.

Jadi satu keputusan yang bijak jika kita mengaplikasikan warna-warna terang untuk mendapatkan kesan lebih luas.

Warna-warna terang bisa kita terapkan pada dinding ruangan atau perabot didalamnya seperti sofa, gorden, serta furnitur lainnya.

Jika tidak menyukai warna terlalu cerah, kita bisa menggunakan warna netral yaitu putih. Untuk menambah kesan modern kita bisa menambahkan wallpaper pada dinding, namun sesuai dengan konsep minimalis yang digunakan, sebaiknya pilihan wallpaper tidak terlalu banyak motif.

Pilihan Furnitur

Khusus untuk ruangan sempit pemilihan furnitur tidak bisa dilakukan sembarangan, semua harus disesuaikan dengan konsep ruangan.

Furnitur yang simpel dan tidak terlalu besar adalah pilihan yang tepat untuk rumah kecil dengan konsep minimalis.

Warna furnitur sendiri terlihat lebih matching jika menggunakan warna senada dengan cat dinding interior rumah.

Ruang Multi Fungsi

Ada cara lain untuk menambah kesan luas pada rumah kecil minimalis yaitu dengan menggabungkan ruang tamu dan ruang keluarga. kita bisa mendesain kedua ruangan ini tanpa ada sekat diantaranya sehingga ruangan terasa lapang.

Jika harus digunakan dengan kondisi terpisah kita bisa mengganti sekat dengan menempatkan partisi ukuran sedang misalnya buffet atau lemari yang tidak terlalu tinggi. Penggunaan ruang multi fungsi ini memungkinkan terciptanya space ruang yang lebih luas sehingga lalu lintas dalam ruangan bisa berjalan lancar.

Trending  Tips Memilih Pagar Rumah Minimalis
Buka

Related Articles

Back to top button