Penataan Interior Kamar Tidur Agar Terasa Nyaman

Desain Interior Kamar Tidur

Sebelum kita mendesain interior kamar tidur, kita sendiri harus paham apa fungsi kamar tidur sebenarnya.

Kamar tidur adalah tempat atau ruangan yang berfungsi untuk menghabiskan waktu kita untuk beristirahat dan memulihkan kondisi tubuh yang lelah.

Karena itu kamar tidur perlu dirancang dengan lebih seksama dibanding ruangan-ruangan lain yang ada di dalam rumah.

Desain Interior kamar tidur minimalis memerlukan kecermatan tersendiri agar tercipta kamar tidur yang nyaman dan tenang serta tidak membuat kita merasa sumpek jika berada di dalamnya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menata interior kamar tidur minimalis, yaitu:

Penataan Interior Kamar Tidur Agar Terasa Nyaman
Penataan Interior Kamar Tidur Agar Terasa Nyaman

1. Sebaiknya di dalam kamar tidur minimalis tidak terdapat sekat-sekat yang akan membuat kamar semakin terasa sempit. Misalnya saja penambahan sekat untuk ruang ganti sangat tidak disarankan berada di dalam ruang tidur minimalis.

2. Interior kamar tidur minimalis yang tepat adalah tidak berlebihan, pas dan leluasa. Untuk itu, pemilihan aksesoris atau perabot haruslah yang berwarna bersih, seperti putih, krem, berbentuk tegas tanpa banyak renda atau variasi.

3. Penempatan lukisan di kamar tidur harus dipilih lukisan yang memiliki komposisi, frame dan warna yang simpel tanpa memiliki terlalu banyak ukiran. Lukisan yang dipilih pun sebaiknya seperti pemandangan alam, lautan biru, yang memberikan kesan luas.

4. Penggunaan karpet di dalam kamar minimalis tidak dilarang, namun pilihlah karpet  yang berwarna solid tanpa motif untuk memberikan kesan lapang.

5. Perabotan berwarna coklat gelap memberikan kesan perabotan itu tidak memenuhi ruangan. Pilihlah tempat tidur yang bermodel sederhana dan sesuaikan ukurannya dengan ruangan kamar Anda. Jangan menggunakan tempat tidur yang memakan hampir separuh ruangan kamar tidur Anda.

6. Interior kamar tidur minimalis biasanya memiliki warna dinding yang kalem dan menenangkan. Penggunaan wallpaper harus diperhatikan dengan cermat dan harus disesuaikan dengan warna dinding kamar serta perabotan kamar.

Trending  Mengenal Jenis Matras Agar Tidak Salah Memilih

7. Pada bagian lantai kamar dapat divariasi dengan penggunaan kayu. Lantai kayu sebagai interior kamar tidur minimalis sangatlah cocok dan mulai digemari karena kamar tidur menjadi lebih nyaman, hangat dan tidak membuat kaki Anda dingin begitu turun dari tempat tidur.

8. Gorden untuk jendela kamar harus disesuaikan dengan warna seprai yang Anda gunakan di tempat tidur untuk menciptakan keserasian di kamar tidur minimalis dan tidak menimbulkan kesan terlalu ramai.

Gorden dengan warna gelap biasanya digunakan untuk menghalangi masuknya cahaya matahari. Tambahkanlah lapisan tipis yang berwarna terang pada gorden warna gelap Anda untuk menetralisir warna gelap yang cenderung memberikan kesan sempit.

9. Letakkan cermin pada dinding atau pintu lemari pakaian untuk menimbulkan kesan luas dan lapang. Pantulan bayangan ruangan kamar pada cermin membuat Anda merasa berada di dalam kamar yang luas.

10. Untuk sebaiknya tidak menambahkan kamar mandi atau toilet pada kamar tidur minimalis. Biarkan kamar mandi terpisah dari kamar tidur. Jika dipaksakan, ruangan yang tersedia di kamar tidur minimalis semakin sedikit.

11. Pencahayaan di kamar tidur pun harus ditentukan agar kesan lapang tetap tercipta. Biasanya kamar tidur minimalis menggunakan lampu bercahaya putih.

Namun jika ingin menambahkan lampu hias yang juga berfungsi sebagai lampu tidur, pilihlah lampu hias yang tidak terlalu besar. Cahaya lampu hias dapat menggunakan warna kuning atau warna-warna lembut lainnya untuk memberikan kesan mewah dan futuristik pada kamar tidur Anda.

Buka

Related Articles

Back to top button