Seperti Ini Model Jendela Rumah Yang Sedang Trend

Membangun atau merancang rumah impian sering dilakukan secara rinci termasuk bentuk jendela rumah.

Terutama karena lokasinya sering berada di depan rumah, bagaimana bagian ini terbentuk dapat sangat mempengaruhi penampilan Umah yang utuh.

Saat menyusun konsep perumahan, pastikan untuk memilih bentuk jendela yang cocok sehingga penampilan rumah terlihat indah.

Sebagai salah satu bagian dari rumah, fungsi jendela sangat vital, yaitu sebagai ventilasi. Sirkulasi udara lebih baik dan lebih banyak cahaya memasuki rumah.

Bentuk atau penempatan harus dipertimbangkan sehingga rumah lebih indah dan membuat siapa pun nyaman. Berikut adalah beberapa model jendela yang bisa menjadi inspirasi Anda.

Inspirasi Jendela Rumah Kekinian

Model Jendela Rumah Yang Sedang Trend
Model Jendela Rumah Yang Sedang Trend
1. Model Transom

Inspirasi pertama datang dengan model transom. Model ini biasanya terdapat di bentuk rumah lawas atau model minimalis.

Sesuai dengan namanya, model ini memang diletakkan di atas bingkai pintu dan memiliki banyak bentuk untuk bisa disesuaikan dengan desain rumah Anda.

Namanya adalah transom karena merujuk pada penempatan jendela tersebut. Tujuan awal dari penempatan ini adalah karena orang zaman dulu belum menemukan alat pendingin udara

sehingga mereka menempatkannya agar bsia ditutup dan dibuka mengalirkan udara. Umumya, jendela ini digunakan agar cahaya yang masuk dalam rumah lebih banyak terutama di siang hari.

2. Model Lengkung Klasik

Jendela dengan model lengkung klasik ini berbentuk persegi panjang dan bagian atasnya bisa berupa lengkungan atau setengah lingkaran.

Lengkungan inilah yang bisa memberi efek lembut dengan kontrasnya sudut-sudut jendela bagian bawah. Biasanya model ini bisa dibuka agar ada udara yang masuk.

Ada efek indah dari interior rumah Anda dan sering digunakan pada rumah klasik agar lebih elegan.  Anda juga bisa memadukannya dengan tirai agar lebih mewah dan megah.

3. Model Picture Window

Picture window merupakan model yang seringkali ditempatkan pada sisi rumah karena ventilasi udara tidak jadi fokus utama.

Trending  Cara Mempercantik Desain Rak Buku untuk Rumah Baru

Banyak jenis atau model kekinian yang bisa dipasang di rumah tetapi jenis ini ditempatkan pada ruang-ruang khusus agar bisa menampilkan pemandangan bagus.

Anda bisa menempatkan picture window ini untuk memberi kesan luas dan cocok untuk rumah dengan pemandangan bagus.

Bahkan model ini bsia mengurangi penggunaan listrik karena adanya cahya alami yang banyak. Namun bagi yang tinggal di tempat yang panas maka pertimbangkan efek panas yang ada di ruangan Anda dengan model ini.

4. Model Bay

Bagi yang menginginkan efek lebih luas dengan penempatan jendela, model ini juga disarankan. Model bay atau bow ini tersusun dari tiga buah jendela dengan membentuk sudut dan bisa terhubung satu sama lain.

Letaknya memang menonjol keluar rumah dan cocok untuk rumah yang bergaya klasik. Anda juga bisa memberi kursi di bagian sisi dalam jendela atau memberinya sudut baca agar lebih menarik.

5. Model Double Hung

Model ini memang terlihat seperti dua jendela dengan sisi vertikal panjang. Tetapi, model ini sebenarnya adalah dua jendela tetapi dalam satu kerangka. Daun jendela atas atau bawah bisa dioperasikan naik atau turun dengan rel yang ada di bingkai tersebut.

Lintasannya ada di dalam dinding tetap rata dengan permukaan dinding ketika dibuka. Jika dibandingkan dengan model single hung, model ini lebih mahal.

Kedua sisinya bisa dibuka dan mengalirkan udara dari dalam atau luar dengan baik. Ketika Anda memilih model jendela seperti ini maka harus tahu bagaimana perawatan berkala yang dibutuhkan agar rel tidak mudah rusak.

6. Model Lipat atau Bi-Fold

Keunikan dari jendela model ini adalah bentuknya yang bisa dilipat. Ada tekukan yang diarahkan ke tengah atau ditumpuk ke sisi pinggir ruangan Anda. Cocok untuk ruangan yang lebar dengan sisi yang lebih mengarah ke ruang terbuka.

Trending  5 Rak Yang Paling Cocok Di Bawah Tangga

Model bi-fold ini biasanya digunakan untuk menghubungkan area rumah dan antar area lainnya. Biasanya digunakan di dekat area yang terbuka.

Dengan begitu, ada kesan ruangan yang luas, pencahayaan yang terang dan ruangan pun bisa terlihat lebih terbuka.

7. Model Stationery

Jendela dengan model stationery ini brefungsi sebagai jalan masuk udara dan cahaya matahari. Modelnya memang minimalis dan hanya memiliki satu fungsi saja.

Model ini memang tidak memiliki bukaan sama sekali sehingga fungsinya lebih ke pencahayaan. Lebih sering di tempatkan di tempat-tempat yang tidak terbuka setiap hari seperti di atas pintu atau tempat yang tinggi.

Model ini terdiri dari kaca tebal dan berat dan dihadapkan pada pemandangan rumah. Cocok untuk rumah yang membutuhkan cahaya alami dan ruangan jadi terlihat besar.

Buka

Related Articles

Back to top button