Seperti Ini Cara Menata Tempat Tidur Berdasarkan Feng Shui

Feng shui adalah warisan dari masyarakat Tionghoa kuno untuk menata ruangan supaya selaras dan seimbang. Selain tata letak rumah, cara menata tempat tidur berdasarkan feng shui juga menjadi hal yang penting.

Apalagi, kamar tidur adalah ruangan yang menjadi tempat istirahat kita setelah beraktivitas selama seharian. Tidak hanya lemari baju dan lampu penerangan, tata letak tempat tidur atau ranjang pun perlu menjadi perhatian.

Seperti Apa Aturan Feng Shui Untuk Ranjang?

Menata Tempat Tidur Berdasarkan Feng Shui
Menata Tempat Tidur Berdasarkan Feng Shui

Bila tempat tidur memiliki tata letak yang buruk, dipercaya hal ini justru bisa memberikan energi negatif untuk pemilik rumah. Apalagi, dipan ranjang dan matras menjadi hal penting untuk meningkatkan kualitas istirahat kita setiap hari.

Lalu, bagaimana cara meletakkan posisi ranjang atau tempat tidur berdasarkan feng shui? Simak berikut ini.

1. Posisi Tempat Tidur Harus Simetris

Hal  terpenting saat menata kamar tidur adalah membuat ruangan itu tampak simetris. Untuk itu, kamu bisa menempatkan meja sisi atau nakas meja di samping kanan dan kiri tempat tidur, beserta dengan lampu.

Namun, bila kamar tidur berukuran kecil, kamu bisa menyisakan jarak yang sama antara dinding dengan bagian tempat tidur kanan dan kiri. Hindari juga meletakkan tempat tidur di bawah jendela dan bersandar pada dinding toilet.

Posisi kasur yang tepat adalah menghadap selatan dan tidak menghadap langsung ke ruang tamu. Hal ini bertujuan agar energi positif mengalir dengan baik di dalam kamar.

2. Minimalisir Penggunaan Cermin

Penggunaan cermin di dalam kamar tidur memang bisa membuat ruangan tampak estetik. Namun, hindari untuk meletakkan cermin terlalu banyak karena bisa membuat energi dalam ruangan tidak seimbang.

Hal yang paling penting adalah hindari meletakkan cermin di seberang tempa tidur, yang dapat memantulkan badan. Hindari juga meletakkannya di belakang tempat tidur karena dapat menyebabkan rasa khawatir dan gelisah.

Trending  Tips Memilih Jenis Bahan Tempat Tidur Yang Tepat

Posisi cermin yang tepat di dalam kamar adalah di dalam pintu lemari pakaian. Jadi, kamu bisa melihat cermin ketika membuka pintu lemari tersebut. Selain itu, kamu juga bisa meletakkan cermin di samping kiri atau kanan tempat tidur.

3. Hindari Meletakkan Tempat Tidur di Seberang Pintu

Berdasarkan feng shui, sebaiknya hindari meletakkan tempat tidur di seberang pintu.

Jika kamu memiliki tempat tidur atau langit-langit yang berpalang, letakkan tempat tidur sejajar dengan arah bilah dan tidak berlawanan. Hal itu untuk memastikan garis keberuntungan kamu tidak bersilangan.

Selain pintu, perhatikan juga letak tempat tidur dengan jendela. Penempatan tempat tidur di dekat jendela dipercaya dapat membuat keberuntungan dan energi terbang ke luar.

Kamu bisa menutupi jendela dengan gorden agar keberuntungan tidak hilang. Berikut ini kami punya rekomendasi gorden yang dapat kamu gunakan di rumah.

4. Hindari Meletakkan Ranjang Dekat Dinding

Posisi ranjang yang menempel pada dinding kamar tidur juga tidak disarankan, terutama pada pasangan. Menurut feng shui, posisi ini justru bisa membuat pasangan jadi merasa tertutup satu sama lain.

Lebih baik letakkan tempat tidur di tengah ruangan, yang menyisakan ruang di antara posisi kiri dan kanannya. Hal ini bertujuan agar kita pun lebih mudah bergerak dari tempat tidur.

5. Hindari Meletakkan Tanaman Hijau

Meskipun tanaman bisa membuat ruangan tampak segar dan udara menjadi lebih sehat, ternyata tanaman tidak dianjurkan untuk ada di dalam kamar tidur berdasarkan feng shui,  lho.

Hal ini dipercaya justru dapat menghilangkan energi positif di dalam kamar tidur. Namun, bila kamu ingin tetap meletakkan tanaman, kamu bisa memakai tanaman hias artifisial, yang menyerupai aslinya, seperti berikut ini.

Trending  Tips Cara Membuat Dapur Selalu Bersih Dan Bersinar

Itu dia cara meletakkan tempat tidur berdasarkan feng shui. Jadinya, kamar tidur di rumah pun memberikan aura positif selama kita beristirahat.

Buka

Related Articles

Back to top button