Memilih Tanah Untuk Investasi Property

Memilih Tanah Untuk Investasi di sektor property menjadi pilihan banyak orang. Investasi tanah yang tepat dan strategis terbukti sangat menjanjikan karena keuntungan investasi tanah ini setiap tahun meningkat cukup tinggi.

Tapi taukah anda tanah yang sperti apa , bertempat dimana yang bagus untuk investasi ? Karena tidak semua tanah prospektif untuk investasi .

Sebelum berinvestasi tanah ada baiknya kita mempertimbangkan faktor-faktor dibawah ini agar kita tidak salah memilih tanah untuk investasi :

Tips Memilih Tanah Untuk Investasi Property

Memilih Tanah Untuk Investasi Property
Memilih Tanah Untuk Investasi Property

Faktor Memilih Tanah Untuk Investasi Pertama – Tanah setengah matang

Memilih Tanah Untuk Investasi pilih tanah setengah matang yaitu tanah berprospek yang terletak di luar daerah pemukiman atau yang masih jarang bangunannya.

Prospek tanah 1/2 matang dapat dilihat dari ada tidaknya rencana pembangunan di daerah tersebut. Pembangunan ini meliputi jalan protokol, fasilitas umum seperti pasar dan lain-lain. Akan lebih berprospek lagi jika tanah 1/2 matang tersebut dilalui oleh kendaraan umum.

Faktor Memilih Tanah Untuk Investasi Kedua – Tanah setengah matang Jarak dari pusat kota

Memilih Tanah Untuk Investasi yang dekat dari pusat kota, semakin mahal pula harganya. Namun jika ditinjau dari segi bisnis dan investasi tanah yang jauh dari pusat kota pun tidak kalah prospektifnya.

Ketika bicara Memilih Tanah Untuk Investasi, bukan mahal atau tidaknya tanah yang menjadi satu-satunya pertimbahangan. Seberapa besar prosentase keuntungan yang akan didapatkan.

Tanah di pusat kota mungkin bisa kita jual dengan harga mahal, karena ketika membeli boleh jadi memang sudah mahal.

Tapi tanah di daerah pinggiran namun bisa terjual dengan mahal bisa jadi lebih menguntungkan karena pada umumnya harga tanah di pinggiran lebih murah.

Trending  Cara Mengamankan Rumah Saat Di Tinggal Berlibur

Faktor Memilih Tanah Untuk Investasi Ketiga – Bentuk tanah

Memilih Tanah Untuk Investasi yang ideal adalah tanah yang berbentuk persegi. Persegi panjang juga cukup bagus selama lebar muka sekitar 40-75% dari panjangnya.

Selain itu kedataran tanah juga perlu dipertimbangkan. Untuk mendirikan bangunan, tentu orang akan memilih tanah yang datar.

Tanah yang tidak datar bisanya memaksa orang untuk melakukan pengurugan yang menambah biaya. Jika kita berpikiran sebagai pembeli, kita tentu akan mempertimbangkan hal ini dalam negosiasi harga.

Faktor Memilih Tanah Untuk Investasi Keempat – Ukuran Tanah

Memilih Tanah Untuk Investasi di daerah yang menjadi calon daerah elit atau tempat orang berkemampuan ekonomi tinggi sebaiknya kita pilih yang berukuran lebar. Minimal 400m2.

Orang-orang berkemampuan ekonomi tinggi biasanya memiliki kebutuhan hidup yang tinggi pula. Tanah yang kecil tentu bukan menjadi pilihan mereka.

Sebaliknya, Memilih Tanah Untuk Investasi di daerah orang berkemampuan ekonomi menengah kebawah, tanah berukuran sedang atau kecil bisa menjadi pilihan bagus, misalnya; 90m2, 120m2, dan maksimal 200m2.

Faktor Memilih Tanah Untuk Investasi Kelima – Hadap Tanah

Memilih Tanah Untuk Investasi yang diminati adalah tanah yang menghadap ke arah utara atau selatan. Alasannya sederhana, tanah yang menghadap ke arah utara atau selatan memiliki penyinaran matahari yang merata sepanjang tahun.

Sedangkan Memilih Tanah Untuk Investasi berikutnya adalah tanah yang menghadap ke arah timur. Tanah yang menghadap ke arah timur memperoleh penyinaran matahari pagi yang menghangatkan dan baik bagi kesehatan.

Faktor Memilih Tanah Untuk Investasi Keenam – Sebelah tanah

Jangan Memilih Tanah Untuk Investasi Tanah yang bersebelahan dengan makam.Karena pada umumnya jarang diminati.

Faktor Memilih Tanah Untuk Investasi Ketujuh – Kepadatan dan Kerataan Tanah

Pada beberapa kasus seperti tanah pekarangan yang kurang merata atau dari bekas urugan sampah, masih perlu pembenahan dengan menambah urugan tambahan agar kepadatan tanah menjadi lebih solid ini juga perlu diperhatikan dalam Memilih Tanah Untuk Investasi

Trending  Tips Memilih Gorden Sesuai Dengan Fungsinya

Faktor Memilih Tanah Untuk Investasi Kedelapan – Keamanan

Yang ini tidak perlu kita bahas lebih detail. Sudah menjadi pengetahuan bersama bahwa Memilih Tanah Untuk Investasi yang terletak di daerah yang aman harganya berpeluang untuk menjadi lebih mahal dibandingkan tanah dengan kondisi yang sama namun rawan kejahatan.

Faktor Memilih Tanah Untuk Investasi Kesembilan – Legalitas

Memilih Tanah Untuk Investasi sebaiknya tanah yg mempunyai legalitas yg jelas. Legalitas adalah bukti bahwa seseorang memiliki hak atas tanah. Macam kepemilikannya pun berbeda-beda ada hak pakai, hak sewa, hak guna bangunan, hak milik dll.

Diantara beberapa hak tersebut, kepemilikan yang paling kuat atas tanah adalah hak milik yang tertuang dalam Sertifikat Hak Milik atau SHM.

Faktor Memilih Tanah Untuk Investasi Kesepuluh – Rencana Pembangunan

Memilih Tanah Untuk Investasi yg tepat Sebaiknya  anda harus mencari informasi akan dijadikan apa lokasi sekitar tanah 1-10 tahun kedepannya. Jadi anda bisa memperkirakan bagaimana hasil lonjakan harga tanah yang akan anda beli.

Buka

Related Articles

Back to top button