Memilih Furniture Minimalis untuk Ruang Tamu

Furnitur yang diaplikasikan dalam sebuah rumah, baik bentuk dan ukurannya secara umum mengikuti gaya rumah itu sendiri.

Misalnya jika rumah menerapkan gaya konvensional, maka kita bisa menggunakan furnitur yang ukurannya besar karena model rumah seperti ini biasanya memiliki ukuran yang lebih luas.

Lain halnya jika rumah kita bergaya minimalis, tentu saja furniture minimalis yang harus kita pilih, sebab rumah minimalis identik dengan ruangan sempit serta luas bangunan yang terbatas.

Jadi sekali lagi agar tidak salah ketika memilih furnitur yang nantinya diaplikasikan untuk ruangan-ruangan tertentu, terlebih dahulu kita harus mengetahui model dan karakter rumah khususnya pada bagian interiornya.

Perlu kita ketahui, memilih furnitur (misalnya sofa) untuk ruang tamu minimalis, tidak semudah ketika kita memilih furnitur untuk kamar tidur atau ruang makan.

Hal ini cukup beralasan mengingat ketika memilih sofa, umumnya kita membeli secara terpisah. Lain halnya dengan memilih furnitur untuk kamar tidur atau ruang makan, biasanya kita membeli perlengkapan pada kedua ruangan ini per set atau dalam satu paket sehingga terlihat cocok dan kompak.

Untuk itu sewaktu membeli sofa, kita harus memastikan apakah furnitur tersebut sesuai atau tidak jika diaplikasikan pada tipe ruang tamu kita.

Karena pada dasarnya sofa tidak hanya sebatas pelengkap ruang tamu, tapi setidaknya baik desain, ukuran, dan warnanya harus mampu menyatu dengan desain ruangan dan seluruh elemen yang terdapat di ruang tamu.

Memilih Furniture Minimalis untuk Ruang Tamu
Memilih Furniture Minimalis untuk Ruang Tamu

Untuk sekarang ini sofa seperti sudah menjadi elemen yang wajib ada di ruang tamu disetiap rumah mulai dari yang paling sederhana hingga sofa dengan desain eksklusif. Kehadirannya yang termasuk must have item, menjadikannya furnitur yang dekoratif, stylish, dan fungsional.

Trending  Desain Meja Rias dan Penataan Untuk Kamar Minimalis

Bahkan karena begitu familiarnya furnitur ini, kini hadir sofa dengan berbagai sebutan, misalnya sofa lounge, sofa chesterfield, dan masih banyak lagi.

Semua dikemas dalam bentuk furniture minimalis dengan desain yang mungil atau didesain mewah dengan harga yang mahal. Hal ini menunjukkan bahwa furnitur yang satu ini memiliki popularitas yang dikenal seluruh lapisan masyarakat.

Tips Menata Sofa Ruang Tamu

Kehadiran beberapa furnitur penting seperti sofa tak lepas dari fungsi sebuah ruang tamu. Intinya antara sofa dan ruang tamu menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan. Lalu bagaimana cara menata sofa agar terlihat matching dengan ruang tamu? Simak tips-nya berikut ini:

  1. Sebelum menempatkan sofa, kita tentukan dulu tema ruang tamu. Kita bisa memilih tema modern minimalis, rustic, natural, atau pilihan lainnya.
  2. Jika ruang tamu kita ukurannya cukup luas sebaiknya kita memilih sofa dengan 3 dudukan. Namun jika ruang tamu relatif kecil cukup kita pilih sofa 2 dudukan saja.
  3. Pikirkan dengan cermat bagaimana penempatan posisi sofa supaya tidak memberi kesan sumpek pada ruangan atau menghalangi lalulintas dalam ruang tamu. Jika ruang tamu cukup luas, sofa bisa ditempatkan di tengah-tengah, tapi jika ruangan terlihat sempit sebaiknya sofa diposisikan di sudut ruangan untuk mendapat space ruang yang lebih luas.
  4. Pilih warna sofa senada dengan warna dinding, karpet, dan tirai pada ruang tamu, agar tercipta perpaduan warna yang serasi.

Jika ruang tamu menerapkan konsep minimalis, selain sofa kita juga harus memilih furniture minimalis lainnya untuk ruang tamu, misalnya lukisan. Jika kita menyukai lukisan sebaiknya kita tidak mengaplikasikan lukisan ukuran besar di ruang tamu minimalis.

Lukisan yang terlalu besar hanya membuat ruang tamu yang sempit semakin terlihat ‘penuh’. Sebaiknya kita pilih lukisan ukuran standar atau menggantinya dengan kaligrafi bertema religi.

Trending  Ini Dia Perbedaan Indoor Furniture dan Outdoor Furniture
Buka

Related Articles

Back to top button