Kelebihan Lampu LED vs CFL Untuk Rumah ECO Friendly

Kelebihan Dan Kekurangan Lampu LED

Kelebihan Lampu LED dan kekurangannya dibandingkan dengan Lampu CFL . Berikut perhitungan pengehematan biaya jika rumah anda menggunakan lampu LED . Go – Green harus di mulai dari rumah anda , termasuk dalam menggunakan lampu , memilih lampu yang ECO – Friendly adalah salah satu bentuk partisipasi anda dalam program Go – Green House. Apa kelebihan Lampu LED ini sebenarnya ?

Penghematan lampu LED dari sisi ketahanan

Lampu LED memiliki lifespan lebih dari 35.000 jam, bandingkan dengan lampu CFL (Compact Fluorescent Lamp) yang hanya 6.000 jam. Perhatikan kotak lampu CFL, umumnya ditulis dengan pemakaian 4 jam sehari (jam 6 malam – jam 10 malam) lampu CFL tahan lebih dari 4 tahun (4 tahun x 365 hari x 4 jam =  5840 jam. Berarti dengan perhitungan yang sama Lampu CFL akan tahan 24 tahun.

Lampu LED dari sisi energi yang di gunakan

Dengan penggunaan energi yang lebih kecil,Lampu CFL 8 Watt setara dengan lampu LED 3 Watt. Standar lampu CFL yang efisien memiliki 14 – 17 Lumens / Watt (Lumens adalah ukuran cahaya oleh mata manusia). Lampu LED memiliki 60 – 100 Lumens / Watt. Dengan lampu LED 3 Watt x 60 Lumens = 180 Lumens, 8 Watt CFL x 17 Lumes = 136 Lumens.

Lampu LED dari sisi harga

Bagaimana dari segi harga, harga Lampu CFL kualitas bagus 8 Watt adalah sekitar Rp. 28,000. Harga lampu LED 3 Watt adalah sekitar Rp. 120.000. Jadi harga lampu LED kurang lebih 4 kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan lampu CFL sedangkan daya tahan lebih lama 6 kali.

Lampu LED memiliki efisiensi yang lebih banyak dibandingkan dengan lampu pijar/ tungsten, maupun lampu fluorescent. Lampu LED tidak menghasilkan panas seperti lampu pijar, tidak merusak kesehatan seperti lampu fluorescent,dan lebih tahan lama. 1 Watt lampu LED menghasilkan 100 lumen. Kekurangan lampu LED adalah masih mahal.

Trending  Cara Mengamankan Rumah Saat Di Tinggal Berlibur

Tips Menggunakan lampu LED untuk rumah ECO Friendly

Lampu LED kecil menggunakan arus yang kecil, Sekedar informasi biasanya lampu LED 3 Watt seukuran 2 milimeter x 2 milimeter. Untuk ruangan yang membutuhkan penerangan yang lebih besar dibutuhkan cahaya yang lebih terang (Lumens). Untuk itu ukuran LED nya harus diperbesar, kekurangan dari semakin besarnya LED adalah panas yang dihasilkan. Solusinya adalah memperbanyak LED kecil yang di paralel.

Buka

Related Articles

Back to top button