Kenali Kelebihan Dan Kekurangan Rumah Kayu Sebelum Membangun

Dizaman sebelum tahun 90an, Rumah kayu sangat banyak dibangun, namun seiring dengan perkembangan zaman, rumah kayu kini ditinggalkan. Bahkan tidak lagi membanggakan bagi kebanyakan orang, meskipun begitu bagi sebagian orang memiliki Rumah kayu di tahun 2015 ini memiliki kebanggaan tersendiri apalagi memiliki rumah kayu berdesain unik.

Rumah unik akan memberikan rasa nyaman dan betah bagi pemiliknya untuk tinggal di rumah. Berbagai rumah unik diciptakan, mulai dari desain rumah kayu, rumah klasik hingga rumah berkonsep minimalis. Tentunya desain rumah tergantung pada selera para pemiliknya.

Salah satu bangunan rumah yang tergolong unik adalah rumah kayu. Kayu akan memberikan efek hangat di setiap sudut rumah, sehingga sangat cocok apabila dibangun pada daerah beriklim sejuk dan subtropis dengan 4 musim. Rumah dengan mayoritas berbahan kayu ini memiliki nilai artistik tinggi dan tidak gampang untuk mendesainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Desain Rumah Kayu

Desain rumah kayu dan berbagai kelebihannya

Rumah kayu memiliki berbagai kelebihan. Bahan kayunya mampu bertindak sebagai penahan panas, sehingga sangat sesuai dibangun di daerah yang berudara sejuk atau dingin. Rumah ini juga memiliki kesan yang menyatu dengan alam. Desain rumah kayu yang memiliki nilai artistik tinggi akan melambungkan harga jual kembali sehingga bisa digunakan sebagai sarana investasi. Kelebihan yang lain adalah rumah kayu lebih mudah direnovasi daripada rumah beton.

Ramah Lingkungan

Dibanding rumah yang dibangun dari material lain, rumah kayu tergolong lebih ramah lingkungan. Struktur kayu juga mampu menyerap dan menyimpan karbon dioksida yang berada di sekitar bangunan

Proses Pembangunan Cepat

Dalam membangun sebuah rumah kayu, tidak dibutuhkan pengecoran atau pemasangan bata yang memakan waktu lama. Proses pembangunan rumah kayu   ini tergolong lebih cepat ketimbang membangun rumah dari material batu bata atau beton.

Trending  Mengenal Lebih Jauh Filosofi Rumah Joglo

Kokoh dan Kuat

Walaupun bobot kayu lebih ringan dibanding beton, tetapi rumah kayu tergolong kuat dan kokoh. Bahkan, sejumlah aula olahraga menggunakan lantai berbahan   kayu karena daya tahannya yang cukup kuat. Rumah kayu modern juga  membutuhkan perawatan yang lebih sedikit ketimbang rumah berbahan konkrit.

Nilai Jual yang Tinggi

Rumah kayu unik dan cantik bisa menjadi suatu investasi yang menguntungkan. Tampilannya yang cantik dan segala kelebihan yang ditawarkan membuat rumah kayu memiliki nilai jual tinggi yang pasti bakal menguntungkan pemiliknya.

Menawarkan Nuansa Alami dan Sejuk

Sudah menjadi rahasia umum jika rumah kayu sangat kental dengan nuansa alami. Bahkan, material kayu yang dipakai untuk membangun rumah mampu             menjadi isolator untuk mengisolasi panas dan dingin. Tak hanya itu saja, pori-pori   antar kayu membuat sirkulasi udara jadi lebih baik ketimbang rumah yang  dibangun dari material beton.

Lebih Hemat Energi

Tahukah Anda bahwa kayu merupakan insulator alami yang mencegah penghantaran panas. Berada di dalam rumah kayu akan membuat Anda merasa  sejuk sehingga tak perlu memasang penyejuk udara. Alhasil, memiliki rumah kayu  bisa membuat Anda lebih hemat energi.

Bernilai Seni dan Artistik

Rumah kayu menawarkan keindahan tersendiri dibanding rumah biasa. Warna alami kayu mampu memberikan kesan natural dan segar pada sebuah rumah. Selain itu, nilai seni dan artistik yang ditawarkan oleh rumah kayu memang  sangat menonjol dan mampu mencuri perhatian orang yang melintas di depannya.

Ketahui kelemahan rumah kayu sebelum membangunnya

Memilih desain rumah kayu untuk dijadikan sebuah hunian juga memiliki kelemahan. Salah satunya dalah lebih beresiko terhadap kebakaran karena kayu adalah jenis bahan yang mudah terbakar. Oleh sebab itu saat melakukan desain awal, hendaknya dapur menjadi unsur penting untuk diperhatikan.

Trending  Tempat Interior Design Termurah Di Demak

Pemilik rumah juga harus benar-benar tahu macam-macam kayu yang digunakan untuk membangun rumahnya, termasuk kelebihan dan kekurangan kayu yang digunakan. Selain itu, pemilik rumah juga harus mempersiapkan budget yang lebih banyak karena anggaran untuk membangun rumah kayu ternyata lebih mahal dibanding rumah beton.

Rumah kayu biasanya lebih mengedepankan nilai artistik, klasik dan alami. Di Indonesia, pemilihan rumah dengan desain rumah kayu sebagai hunian utama masing sangat langka. Rumah kayu biasanya dibangun sebagai tempat peristirahatan dan rekreasi semacam villa.

Buka

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button