Mau Menggunakan Partikel Board? Kenali Dulu Karakteristiknya

Partikel board atau Papan partikel adalah salah satu jenis kayu pabrikan. Papan partikel terbuat dari campuran keping kayu (wood chips) yang dicampur dengan lem resin sintetis dan dipres atau ditekan menjadi lembaran-lembaran keras dalam ketebalan tertentu

Papan partikel cenderung lebih berat dari kebanyakan material kayu lainnya karena konten lemnya cenderung lebih banyak; lebih jauh lagi, papan partikel memiliki serat yang panjang dan karenanya memiliki kekuatan pengikat yang lemah dan cenderung mudah remuk di ujungnya.

Papan partikel cenderung stabil dan tidak mudah berubah bentuknya (menyusut, membelok, dan lain lain). Papan partikel juga dapat dipotong, dibentuk, dan dibor dengan mudah menggunakan peralatan standar.

Papan partikel tidak dapat digunakan untuk bagian eksterior karena ujung-ujngnya mudah menyerap embun dan mudah lembap.

Karakteristik Partikel Board

Partikel board adalah jenis kayu olahan yang terendah kelasnya. Partikel board sangat rentan air, karena berbahan dasar serbuk kayu kasar yang dipress sehingga memiliki pori-pori yg lebih besar

dibandingkan mdf atau hdf, sehingga mudah ditembus air dan tidak kuat menahan beban berat . Untuk penggunaan bahan furniture dalam interior berdasarkan custom made ( desain khusus)

Berat

Memiliki kepadatan 650—700kg/m³. Walaupun padat, ternyata jenis kayu yang satu ini termasuk ringan loh dibanding dengan jenis kayu lainnya sehingga mudah untuk dibawa atau dipindah – pindahkan.

Pemasangan

Semakin padat komposisinya maka dibutuhkan juga tenaga ekstra untuk memasang bor atau sekrup. Biasanya pemasangannya mudah dibongkar pasang. Seperti lemari besar yang dapat di bongkar pasang sehingga Anda dapat menyimpannya dengan mudah jika tidak dibutuhkan.

Cat

Dalam dunia cat, jenis kayu yang satu ini sangat mudah untuk dikreasikan dengan berbagai warna pilihan Anda. Jenis kayu yang satu ini dapat dicat atau dilapisi dengan extra veneer pada bagian permukaan sesuai dengan desain yang diinginkan.

Trending  Memilih Furniture Minimalis untuk Ruang Tamu

Harga

Soal harga, jenis kayu yang satu ini sangat pas dikantong. Harganya yang relatif murah membuat partikel board menjadi alternatif material produk dengan harga yang terjangkau. Walaupun murah, kualitasnya tetap terjaga kok Ruppers.

Daya tahan

Biasanya digunakan untuk material dengan produk yang berada didalam ruangan atau didalam rumah. Hal ini dikarenakan jenis kayu yang satu ini tidak terlalu tahan akan perubahan cuaca. Tetapi untuk daya tahan sekrup atau menampung beberapa barang, jenis kayu ini cukup kuat loh Ruppers.

Struktur

Memiliki keunggulan struktur yang tidak mudah bengkok atau berubah bentuk. Bobotnya yang ringan juga menjadikan jenis kayu ini mudah ditransportasi dan ditangani untuk proyek-proyek interior.

Biasanya digunakan untuk keperluan furnitur atau pun keperluan interior ruangan. Biasanya diaplikasikan dalam berbagai furnitur seperti rak buku, meja, kursi, rak tv atau lainnya yang dapat di bongkar pasang sehingga Anda dapat membongkarnya dengan mudah dan disimpan ketika sedang tidak dibutuhkan.

Harganya yang murah dan kualitasnya yang lumayan bagus membuat partikel board menjadi pilihan untuk berbagai keperluan interior ruangan.

Namun partikel board harus memiliki perawatan yang baik seperti hindari terkena air karena dapat menyebabkan jenis kayu ini rapuh, menempatkan barang sesuai dengan kapasitas partikel board, hindari terkena benturan karena jika bagian engsel pada partikel board lepas maka sulit untuk dipasangkan kembali.

Buka

Related Articles

Back to top button