Fasad Rumah Yang Paling Banyak Di Aplikasikan

Desain fasade atau gambar rumah tampak depan adalah desain bagian depan eksterior rumah yang dibuat untuk memperindah tampilan rumah secara keseluruhan.

Kombinasi warna dan model yang menarik dari desain fasade akan menciptakan tampilan eksterior rumah khususnya bagian depan menjadi lebih cantik sehingga mengundang kekaguman setiap orang yang melihatnya.

Dalam hal ini fasade bisa dibilang simbol sebuah rumah yang mewakili karakter asli dari rumah itu sendiri. Pilihan warna yang harmonis merupakan kunci utama keindahan fasade, umumnya dengan membuat aksen disalah satu bidang dinding.

Desain fasade biasanya mengikuti gaya atau model rumah dengan warna yang disesuaikan dengan selera pemilik rumah. Namun fasade rumah akan terlihat lebih enak dipandang jika menggunakan kombinasi 2 warna.

Pengaplikasian warna pada fasade rumah umumnya mengikuti tren model rumah terbaru sehingga desain untuk fasade terutama untuk warnanya sering mengalami perubahan.

Karena terdapat banyak bentuk dan model rumah maka desain dan warna fasade-nya juga berbeda. Misalnya warna fasade untuk rumah minimalis tidak boleh sama dengan fasade rumah tropis atau rumah klasik.

Jadi sebelum menentukan warna untuk fasade rumah, sebaiknya kita mengenali terlebih dulu model rumahnya.

Warna Ideal untuk Fasade Rumah

Pilihan warna yang disesuaikan dengan model rumah tidak hanya berlaku untuk desain interior rumah, namun warna fasade juga perlu diselaraskan dengan tipe rumah.

Fasad Rumah Yang Paling Banyak Di Aplikasikan
Fasad Rumah Yang Paling Banyak Di Aplikasikan

Dengan begitu akan terjadi keseimbangan warna antara rumah dan bagian fasade-nya.

Berikut ini warna-warna ideal untuk fasade yang disesuaikan menurut tipe rumah masing-masing.

1. Fasade rumah Minimalis

Fasade atau gambar rumah tampak depan untuk rumah minimalis umumnya mengaplikasikan tone warna yang senada yaitu abu-abu.

Namun perkembangan rumah minimalis yang banyak mendapat sentuhan modern membuat warna fasade rumah minimalis tidak lagi identik dengan warna abu-abu.

Trending  Hal Yang Harus Di Perhatikan Saat Membangun Garasi

Banyak rumah minimalis modern yang menggunakan warna-warna cerah seperti merah, hijau, atau biru untuk fasade-nya. Banyak juga yang memilih warna oranye untuk bagian depan rumah yang dikombinasikan warna hijau atau biru.

Meskipun begitu kita tidak bisa meninggalkan warna abu-abu secara total, sebab abu-abu sudah terlanjur manjadi ciri khas rumah minimalis.

2. Fasade rumah Klasik

Untuk fasade rumah gaya klasik umumnya menggunakan warna-warna yang cenderung gelap. Disini warna gelap bukan berarti harus hitam, namun warna lain yang sifatnya gelap seperti merah tua, biru tua, dan hijau tua.

Tentu saja warna gelap ini perlu dikombinasikan dengan beberapa warna seperti gold pada bagian lis, sementara bagian sisanya bisa menggunakan warna netral (putih) untuk keseimbangan warna.

3. Fasade rumah Etnik

Rumah etnik umumnya kental dengan unsur tradisional, maka warna fasade yang cocok untuk rumah ini adalah yang senada dengan warna material yang dipakai.

Material yang dimaksud disini umumnya elemen bambu atau kayu sehingga bagian fasade sebaiknya berwarna cokelat natural menyesuaikan warna alami kayu, atau coklat kekuningan menyerupai warna alami bambu.

4. Fasade rumah Tropis

Jika rumah kita termasuk rumah gaya tropis, sebaiknya kita menggunakan warna-warna natural. Pilihan yang paling tepat adalah warna putih atau warna-warna lain misalnya biru muda, merah muda, hijau muda, dan warna-warna lain yang sifatnya lembut.

5. Fasad rumah Mediteranian

Rumah Mediteranian termasuk rumah yang tergolong mewah, untuk itu gambar rumah tampak depan jenis Mediteranian umumnya menggunakan warna cat rumah kombinasi, misalnya perpaduan kuning, coklat, dan krem.

Rumah Mediteranian memang memiliki luas yang cukup lega,sehingga memungkinkan untuk mengaplikasikan beberapa kombinasi warna.

Trending  Jenis Atap Rumah Paling Populer Digunakan Saat Ini

Hal ini tentu saja bertolak belakang dengan rumah minimalis yang biasanya hanya menggunakan warna tunggal yaitu abu-abu.

Buka

Related Articles

Back to top button