Cara Mengamankan Rumah Saat Di Tinggal Berlibur

Memiliki rumah yang nyaman dan aman tentu saja merupakan impian semua orang. Namun, tingkat kejahatan yang lebih tinggi semakin membuat banyak orang gelisah dan merasa tidak aman.

Akibatnya, banyak orang ragu dan khawatir jika mereka meninggalkan rumah selama liburan kosong.

Lalu bagaimana Anda mempersiapkan ketika Anda harus meninggalkan rumah selama liburan Idul Fitri? Lihat tips memaksimalkan keselamatan rumah berikut.

Untuk mencegah hal -hal yang tidak diinginkan, upaya terbaik yang dapat Anda lakukan adalah meningkatkan keamanan rumah dari pencuri.

Jangan lupa untuk menambahkan sistem keamanan, serahkan kepada tetangga yang tidak berada di luar kota, informasikan keberangkatan Anda kepada kepala RT dan penjaga keamanan setempat.

5 Tips Untuk Tingkatkan Keamanan Rumah:

Cara Mengamankan Rumah Saat Di Tinggal Berlibur
Cara Mengamankan Rumah Saat Di Tinggal Berlibur

1. Menggunakan gembok alarm

Gembok alarm adalah gembok yang akan mengeluarkan suara jika terkena guncangan atau dibuka secra paksa. Anda bisa menggunakan gembok ini pada pintu gerbang rumah Anda, agar jika ada pencuri yang berusaha membobol gembok, gembok akan membunyikan sinyal alarm.

Keunggulan lain dari gembok model ini adalah mata kunci yang tidak dapat digandakan karena memiliki ulir yang sangat spesifik, sehingga lebih aman dibandingkan gembok biasa.

2. Memasang CCTV

CCTV merupakan sebuah perangkat kamera video digital yang digunakan untuk mengirim sinyal ke layar monitor di suatu ruang atau tempat tertentu, bahkan saat ini beberapa CCTV dapat diakses melalui aplikasi pada smart phone.

CCTV berguna untuk memantau situasi dan kondisi tempat tertentu, sehingga dapat mencegah terjadinya tindak kejahatan serta dapat juga dijadikan sebagai barang bukti tindak kejahatan.

CCTV telah menjadi standar alat keamanan di rumah yang paling aman. Letakkanlah CCTV ini di berbagai tempat, seperti di teras rumah menghadap ke gerbang utama dan pada ruangan utama di dalam rumah.

3. Menyimpan barang berharga di brankas atau safety box

Gunakan brankas atau safety box untuk menyimpan barang berharga Anda seperti, surat-surat berharga, uang tunai, ataupun perhiasan.

Trending  Tips Menjaga Kamar Mandi Agar Tetap Bersih

Pilih brankas yang tahan api, agar jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran, berbagai surat-surat berharga akan tetap aman terlindung. Dengan brankas, sekalipun ada pencuri yang masuk ke rumah, maka barang-barang berharga akan tetap terlindungi dengan password dan kode rahasia.

4. Memasang alarm rumah

Pemakaian alarm pada kaca, jendela serta pintu dinilai telah menjadi salah satu bentuk pengamanan rumah dari pencuri. Karena saat alarm mendeteksi adanya gerakan yang mencurigakan, alarm akan berbunyi, dan suara alarm akan membuat pencuri mengurungkan niatnya karena takut tertangkap.

Jika Anda tidak ingin melakukan instalasi alarm yang rumit, Anda bisa menggunakan alarm Red Shield, yang mudah diaplikasikan dan tidak membutuhkan tenaga teknisi.

5. Membuat rumah seolah-olah perpenghuni

Cara lain untuk meningkatkan pengamanan rumah dari pencuri adalah membuat rumah seolah-olah berpenghuni. Anda bisa menggunakan lampu timerĀ  atau lampu sensor yang akan menyala ketika gelap atau setiap beberapa jam sekali.

Sehingga pencuri akan terkelabuhi dengan lampu yang menyala ketika malam, dan padam saat pagi hari. Ini akan jauh lebih bermanfaat dibandingkan lampu yang menyala sepanjang hari. Selain menghemat listrik, Anda juga bisa meningkatkan kemananan bukan.

Cara-cara di atas dapat Anda terapkan di rumah Anda agar senantiasa aman dari gangguan pencuri selama Anda pergi berlibur.

Buka

Related Articles

Back to top button